We can do it !!

"Negara dan Bangsa menanti Darma Baktimu"
- Akademi Militer

Subscribe to My YouTube Channel : https://www.youtube.com/channel/UCCYP9RTSbdm0tkwMI4boJbg

Senin, 28 Juli 2014

Wanita berpenampilan, untuk apakah ? Benahi dari sekarang !


                Assalamu’alaikum, wah udah lama banget nih mas nanda pradika gak ngepost di blog saya tercinta ini. Mungkin kalo udah banyak yang menanti, mohon maaf ya. Maklum sibuk nih (ueekkk...). ya namanya juga pemuda indonesia, ya jadi harus bisa berbuat untuk negeri ini. Ya semoga aja cita-cita luhur saya ini juga tercapai dan juga bisa bernilai ibadah dan juga jihad, aamiin...
                Ya udah daripada lama lama basa basi, nanti malah takut basi and garing, yaudah kita langsung aja ke postingan kali ini. Eiittsss,,,,, kayaknya ada yang beda deh untuk postingan kali ini. Emangnya mas nanda bakalan ngeposting apaan ya ??? Mari kita cari tahu... tapi jangan jauh-jauh ke sumedang ya,,,, hehehe...
                Wah kali ini bener bener mas nanda ngeposting di blognya bener bener beda. Kali ini menyangkut soal agama loh bro, terutama tentang adab adab sehari hari. Yaudah, umpung ada mas nanda nya, mari kita simak yukk..
                Sehari hari pasti kita tidak bisa lepas dari namanya adab adab. Ya, so pasti dong bro. Apalagi adab bergaul. Nah yang sudah jelas pasti kalian tidak akan pernah keluar rumah kalo gak pakai pakaian bukan ??? ya iya lah, masa aja gitu. Berpakaian pun seperti disebutkan diatas ya pasti ada adabnya lah. Nah, untuk kali ini, persoalan berpakaian yang akan mas nanda bahas adalah adab berpakaian pada wanita. Menarik juga nih dibahas. Dikarenakan banyak dari para wanita di dunia ini tidak sadar akan hal ini. Padahal wanita adalah perhiasan dunia. Ya tentu mereka harus dijaga dan jangan sampai dibobol maling, hehehe. Nah maka dari itu, upaya untuk menjaga hal tersebut adalah dengan menutup auratnya.
                Eisss bro, jangan remehkan masalah menutup aurat ini, dikarenakan aurat adalah perhiasan yangSeluruh tubuh wanita adalah aurat, kecuali “wajah” dan “telapak tangan”. Ingat, telapak tangan, bukan tangan. Hal kecil inilah yang terkadang keliru anggapannya oleh para wanita. Makanya, berhati-hatilah dan cari lebih tahu lagi soal hal semacam ini, jikalau salah langkah, bisa menjadi fatal akibatnya.
hanya boleh dilihat dan dipakai oleh dirinya sendiri dan pasangan hidupnya. Kita tahu sendiri, bahwa aurat wanita itu super banyak dan bisa dibilang harus ekstra adabnya.
                Bukan hanya itu, sebenarnya senyuman, mata dan suara pun bisa menjadi aurat. Kita tahu sendiri bila laki laki menatap dan memandangi saja wanita solehah, bisa saja laki laki tersebut syahwatnya naik. Bisa bahaya. Diibaratkanya seperti makanan didalam box, kita tidak bisa melihat makanan itu, tetapi kita bisa mencium aromanya. Aroma itulah yang menyebabkan kita ingin sekali memakan makanan di dalam box tersebut.
                Banyak orang yang berjilbab namun berniat untuk menghias dirinya. Itu salah, karena fungsi jilbab yang sebenarnya adalah untuk menutup dirinya. Karena wanita harus dijaga. Namun dalam berjilbab pun tetap dianjurkan untuk berpenampilan yang baik, bukan berdandan berlebihan. Karena Allah suka akan keindahan.
               
Sebenarnya berjilbab yang sebenarnya adalah menutup dada meski sudah tertutup baju, dan juga menutup pundaknya. Serta tidak transparan dan terlihat tonjolan dari ikatan rambutnya. Karena hal tersebut sama saja menampakan dari bentuk rambutnya. Bila kain kerudung terlalu tipis, maka gunakan dua lapis. Dianjurkan pun berpenampilan yang indah dan jangan terlalu berlebihan, apalagi terlalu polos, karena agar kodrat wanita sebagai perhiasan dan yang harus dijaga agar terlihat. Namun tidak berlebihan
Nah bisa dilihat diantara syar’i wanita dalam berpakaian :
  1. Menggunakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh, kecuali muka & telapak tangan
  2. Menutupi dada dengan memanjangkan jilbab ke dada. Meski dada telah ditutupi oleh pakaian, namun tetap harus ditutup lagi oleh jilbab
  3. Tidak berpakaian ketat, tidak transparan, apalagi seronok, maka dari itu wanita diharuskan menggunakan rok hingga lebih dari mata kaki
  4. Untuk wanita sebaiknya tidak menggunakan parfum, justru disarankan menggunakan perhiasan berupa warna dan pakaian (namun tidak berlebihan)
  5. Berpakaian sewajarnya, enak dilihat, dan tidak menimbulkan kecurigaan
  6. Untuk berjilbab, ikatan rambut tidak boleh menonjol dan terlihat pada jilbab
                Nah, maka selain berpenampilan menutup aurat, lantas sikap pun perlu dijaga. Sikaplah yang menentukan kedepannya. Nah banyak orang yang mengira, menutup aurat saja sudah cukup, padahal tidak. Sikap pun menjadi hal yang terpenting. Seperti yang difirmankan Allah dalam surat An Nur ayat 30 dan 31, dijelaskan bahwa kita harus menjaga pandangan, kemaluan dan aurat. Yang itu berarti sikap pun masuk didalamnya. Menjaga pandangan adalah salah satu menjaga sikap.
                Banyak wanita yang meremehkan sikap dan penampilannya, perlu diperbaiki hal tersebut. Hal hal inilah dari sekian contoh yang harus diperbaiki dan dibenahi :
1.       Saat ini, sedang trend yang namanya Selfie, yakni sering sekali berfoto diri sendiri, seakan akan dia ingin sekali dilihat orang lain dan bangga dengan dirinya sendiri. Padahal selfie ini sebenarnya menjadi makruh bagi wanita. Karena merupakan perwujudan dari membuka diri. Padahal wanita itu diwajibkan untuk berjilbab dikarenakan untuk menutup diri. Maka sebenarnya fungsi jilbab itu sebagai penutup, bukan hiasan. Banyak yang meremehkan hal ini.
2.       Berhijab juga sama sedang trend. Saya tidak tahu mengapa disebut hijab, padahal hijab dalam pengertiannya adalah dinding pembatas, bukan kerudung. Hijab berbeda dengan jilbab, hijab lebih mengedepankan penampilan, ketimbang syariat dan adab, maka sebenarnya banyak model hijab yang melanggar syar’i. Untuk itu, perbaikilah hal tersebut, dan yang terpenting adalah perbaiki niat kita dalam berkerudung, yakni untuk menutupi, bukan sebagai hiasan.
3.       Banyak sekali pakaian yang ketat dan membentuk serta transparan, padahal hal tersebut sama dengan kita berpakaian namun telanjang
4.       Banyak dari para wanita yang menggunakan parfum, sebenarnya dilarang hal ini. Karena ibarat makanan di dalam box, hal tersebut dapat mengundang syahwat bagi laki laki yang dilewatinya atau yang melewat. Namun parfum boleh digunakan, bila bertujuan untuk menghilangkan bau badan.
5.       Dan mungkin masih banyak sekali

Maka, perbaikilah hal hal yang salah dari sekarang agar kita menjadi mukmin yang beriman dan bertakwa. Sekian, mohon maaf bila terdapat banyak sekali kesalahan dan juga sering direvisi.... Wassalamualaikum WR WB !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar