We can do it !!

"Negara dan Bangsa menanti Darma Baktimu"
- Akademi Militer

Subscribe to My YouTube Channel : https://www.youtube.com/channel/UCCYP9RTSbdm0tkwMI4boJbg

Senin, 28 Juli 2014

Satan, band NWOBHM yang "sayangnya" kurang terkenal

Assalamu’alaikum WR WB !!! Salam sejahtera bagi kita semua...

Ya, kali ini mas nanda akan memperkenalkan sebuah band beraliran heavy metal yang muncul pada tahun 80an, tapi sayang sih bandnya kurang terkenal. Ya maka dari itu, mas nanda mau memperkenalkan band ini. Nah, kira kira mas nanda akan memperkenalkan band apa ya ??? Mari kita cari Tahu. Stay at here, don’t move to Sumedang, OK !... -_^

                Nah kali ini mas nanda akan menunjukan sebuah band asal Inggris yang bernama Satan.

                SATAN ??? Waduh,,,, dilihat dari namanya aja udah kejam. Satan kan dalam bahasa inggris kalo di Indonesiakan artinya Setan. Waaahhh, kayaknya mas nanda mau nunjukin band Black Metal pengikut setan nih. Wah wah wah...

                Eitsss....! Jangan salah sangka dulu bro, ternyata Band Satan ini adalah band Heavy Metal loh bro! Hah ? kok Heavy Metal, bukan Black Metal ? Ya, seperti itulah. Tenang aja kok, Cuma namanya aja kok yang kejam, padahal mereka Cuma band Heavy Metal. Bahkan mas nanda pun bisa menilai, band ini jempol loh. Makanya kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

               
               Satan merupakan band Heavy Metal atau Speed Metal (pada sebagian lagunya) yang berdiri di Newcastle, Inggris. Didirikan pada tahun 1979. Band ini merupakan salah satu dari bagian aliansi New Wave of British Heavy Metal atau sering kita singkat NWOBHM, itu loh aliansinya band band Heavy Metal Inggris tahun 80an. Band ini juga ternyata bisa dibilang merupakan Pioneer nya dari subgenre Proto-Thrash Metal dan juga Speed Metal. Wah, sungguh menarik juga ini band. Meski nama band ini adalah Satan, atau yang berarti Setan, tapi tenang kok, band ini tidak terlalu memiliki unsur unsur setan di dalam lagunya. Suara vokalnya aja biasa-biasa aja kok, malah enak didenger di telinga. Ya kan namanya juga band Heavy Metal.

                Band ini terdiri dari lima personil utama yakni Brian Ross pada Vokal, Steve Ramsey pada Gitar, Russ Tippins pada Gitar, Graeme English pada Bass, dan Sean Taylor pada Drum. Meski kelima personil ini ternyata juga pernah mengalami pergantian formasi, namun akhirnya kelima personil ini kembali lagi bergabung dengan Satan pada tahun 2011.



                Band ini sering sekali me-Resuffle personil-personilnya dikarenakan alasan tertentu dan tentunya personil yang keluar. Kejadian ini sering sekali muncul pada era tahun emas Heavy Metal (80an) atau lebih tepatnya pada setelah tahun 1983 setelah mereka meluncurkan album perdananya yang berjudul Court in the Act dibawah naungan Roadrunner Records. Seiring dengan pergantian personilnya itu, maka nama band nya pun sekaligus berubah. Saat berganti formasi untuk pertama kalinya, Satan diganti namanya menjadi Blind Fury pada tahun 1985. Akhrinya formasinya pun kembali lagi seperti awal dan nama bandnya pun berubah kembali menjadi Satan pada tahun 1987 dan mengeluarkan album berjudul Suspended Sentence. Pada tahun 1988, band ini kembali lagi berubah nama menjadi The Kindred, sebelum akhirnya berubah nama menjadi Pariah dan merilis dua sampai tiga album. Saat berubah nama menjadi Pariah, pada tahun 1990, dua personil Satan yang keluar yakni Steve Ramsey dan Graeme English bersama Martin Walkyier yang merupakan vokalis band Thrash Metal yaitu Sabbat mendirikan band Folk Metal yang bernama Skyclad.

                Sampai akhirnya pada tahun 2011, Satan kembali me-Resuffle personilnya sama seperti formasi di Album Court in the Act, dan merilis album baru berjudul Life Sentence pada tahun 2013.


                Ya seperti itulah perjalanan mereka. Sungguh ironi melihat perjalanannya. Karena perjalanan itulah mengapa band ini kurang begitu terkenal di dalam industri musik Internasional. Selain karena pergantian personil yang menyebabkan perubahan pada nama band, nama Satan pun kerap kali menimbulkan kecurigaan pada masyarakat yang mungkin menganggap band ini merupakan band yang lagunya gak jelas seperti Black Metal. Padahal tidak seperti itu. Cuma namanya aja kok yang seperti itu, malah lagunya top banget loh, gak kayak namanya.

                Sebenarnya, Satan memiliki tujuh Studio album yang telah dirilis. Namun karena 4 album yang diluncurkannya bukan atas nama Satan, jadi Satan hanya memiliki 3 Studio Album. Dari ketiga studio album tersebut, album perdana nya lah “Court in the Act” yang paling terkenal dan tersukses. Dan track list yang paling favorit bagi penggemar heavy metal pun adalah Break Free, yang memang dirilis sebagai Single perdana mereka, serta juga sebagai acuan Speed Metal pertama. Kalo tambahan dari mas nanda sendiri sih, track list favorit juga bisa seperti Trial by Fire yang memiliki style Speed Metal yang enak didengar dengan gitarnya yang penuh melodik, dan juga ada No Turning Back yang punya style Heavy Metal dengan melodik gitarnya yang enak dan menakjubkan.


                Bagi kawan-kawan, terutama bagi penggemar musik Heavy Metal, sangat disarankan deh ngedengerin ini band. Enak banget loh lagunya. Boleh lah dicoba track list kayak Trial by Fire, atau No Turning Back, atau Break Free. Berasa banget suasana masa keemasannya heavy metal tahun 80an. Bener bener deh kalo kawan-kawan mendengarkan lagu ini, It’s the Real Heavy Metal !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar