We can do it !!

"Negara dan Bangsa menanti Darma Baktimu"
- Akademi Militer

Subscribe to My YouTube Channel : https://www.youtube.com/channel/UCCYP9RTSbdm0tkwMI4boJbg

Jumat, 30 Maret 2012

Aneka ragam budaya Ctrl + Alt + Del di Windows

Siapa yang tidak kenal dengan ketiga tombol ini ? pasti semua orang sudah pada mengetahui, mana mungkin ada yang tidak tahu, tombolnya juga nongol terus di keyboard kita. Ya, Control Alternative dan Delete adalah tombol yang punya fungsi tersendiri yang akan memberikan efek kepada komputer kita, yaitu sebuah perintah yang akan dilakukan oleh komputer. Ya tak usah dijelaskan lagi fungsi satu - satu tombol tersebut. Sebagian orang pasti sudah pada mengetahui. Namun bagaimanakah jika tombol tersebut ditekan dalam satu waktu secara bersamaan ? Apakah akan terjadi perintah sistem, atau mungkin membuat komputer error ? ya entahlah... Nah, gimana ya jika tombol ini ditekan secara bersamaan pada sistem operasi yang dikembangkan oleh raksasa software alias Microsoft yakni Windows ? apa yang akan terjadi ? Nah, disini kita akan membahas tentang apa akibatnya jika kita menekan ketiga tombol ini pada Windows.

Mungkin telah banyak orang yang telah mengetahui bahwa fungsi tombol ini adalah untuk masalah sistem, mulai dari aplikasinya sampai pada sistem - sistemnya. Nah, ternyata jika kita melihat pada sistem operasi windows yang kebelakang, ternyata fungsi tersebut lebih pada kepengurusan sistem. Namun sekarang telah berbudaya menjadi kepengurusan user, aplikasi dan tidak lupa sistem. Mari kita simak info tentang budaya fungsi ketiga tombol tersebut.


Fungsi tombol Ctrl Alt Del ditekan bersamaan mulai diperkenalkan pada sistem operasi Windows versi 3. Dikala itu, tombol ketiga tersebut berfungsi untuk sistem, atau yang lebih utama yakni merestart sistem. Maka dari itu jangan heran jika kita menekan ketiga tombol tersebut akan muncul tampilan yang sama persis seperti Blue Screen. Ketika tampilan tersebut muncul dan kita menekan kembali, maka sistem akan merestart dan tidak menyimpan pekerjaan sebelumnya yang kita telah kerjakan (yang belum disave).




Selanjutnya fungsi ketiga tombol tersebut menjadi berkembang untuk masuk ke user. Serta revolusi besar yang terjadi yakni menjadi Task Manager yang pertama kali diperkenalkan pada Windows 95. Namun karena masih pertama, ya jelas tampilannya pun masih belum lengkap seperti sekarang.

Nah, selanjutnya sudah berevolusi kembali menjadi task manager yang telah lengkap sampai sekarang atau tepatnya sampai Windows 7 sekarang ini. Pada task manager era ini, telah dilengkapi fitur End Task, Performance, Serta yang lainnya. Task manager versi ini pertama kali diperkenalkan pada windows NT 4.0

Terus selanjutnya fungsi ketiga tombol tersebut telah disempurnakan menjadi pergabungan antara fungsi sistem, user, pc, dan lainnya yang disatukan menjadi sebuah menu. Tampilan ini sudah dilengkapi dengan menu task manager sebagai pengatur sistem serta aplikasi. Pertama kali diperkenalkan pada windows Vista, sampai akhirnya pada windows 7. Hanya saja yang berbeda adalah tampilan latar belakangnya saja.




Bagaimanakah tampilan ctrl alt del pada sistem operasi masa depan yakni Windows 8 ? Kalau dilihat, tampilannya sama saja, namun yang membuat beda hanyalah antarmukanya yang sudah lebih disesuaikan kepada antarmuka Metro. Jadi tampilan latar belakangnya pun hanyalah sebuah warna yang sudah diatur oleh kita di PC settings metro. Dan tombol - tombolnya pun sudah disesuaikan dengan tradisi metro yakni tombolnya yang sudah lebih besar dan sederhana, tetapi tidak seperti Home Screen.


Sedikit menambahkan, memang selain untuk pengaturan diatas, ternyata dapat pula berfungsi untuk log on (sama aja seperti pengaturan user)


Nah, begitulah tradisi yang sudah dibawa secara turun temurun oleh sistem operasi Windows. Sudah tahu kan ternyata banyak fungsi yang dibawa/dihasilkan oleh ketiga tombol tersebut. Ternyata banyak hal yang dibawa oleh ketiga tombol tersebut sampai akhirnya dijadikan turun temurun tradisi yang dibawa oleh Windows. Namun memang masih banyak lagi fungsi tombol tersebut, mungkin bisa saja untuk pengaturan boot. Nah cukup sekian pembahasan kali ini, terimakasih. Wassalam !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar