We can do it !!

"Negara dan Bangsa menanti Darma Baktimu"
- Akademi Militer

Subscribe to My YouTube Channel : https://www.youtube.com/channel/UCCYP9RTSbdm0tkwMI4boJbg

Jumat, 30 Maret 2012

ACPI dan Windows 8


Pertama kali menginstall windows 8 memang bagus banget, Antarmukanya yang sudah lebih baru dan lebih sederhana dan bersih membuat kita terus terpana dan betah melihat kedepan komputer kita. Apalagi fiturnya yang dibawa berjuta juta yang baru. Ya namanya juga sistem operasi baru, jadi pengoprasiannya pun berbeda. Apalagi ditambah antarmuka penggunanya yang lebih baru, jadi ya drastislah migrasinya dari os sebelumnya jadi os ini. Tapi hal tersebut tidak membuat patah semangat untuk tetap mencoba windows 8 ini.

Ya namanya os baru, jadi driver os sebelumnya pun tidak kompatibel dengan windows 8. Nah, terutama driver ACPI alias Advanced Configuration and Power Interface yang tak kompatibel. Banyak aneka ragam bug yang ditimbulkan kalo driver yang satu ini gak dipasang. Ini nih yang saya alami kalau gak ada driver daya yang satu ini :
  1. Jadi sedikit boros baterai, soalnya dayanya gak diatur ke perangkat
  2. Gak bisa masuk pengaturan BIOS alias pas komputer nyala langsung pencet del atau f2
  3. Ada pemberitahuan Missing ACPI
  4. Blue Screen (Alhamdulillah cuma di Windows Developer Preview)
  5. Matiin / Shutdownnya lama banget
  6. dll
Ya itulah hal yang menjengkelkan kalo kita migrasi ke os baru. ACPI ini kan driver terpenting, kalo gak ada banyak masalah. solusinya cari deh ke internet sesuai PC anda. Namun driver ACPI untuk windows 8 masih sangat jarang disediakan di internet.

Nih, saya akan sedikit menceritakan tentang pengalaman saya tentang driver ini terhadap windows 8:

Pertama kali saya mencoba windows developer preview. Setelah saya upgrade, saya mendapat pesan berupa tulisan "Missing ASUS ACPI Driver 'bla bla bla...'" berhubung PC saya ASUS. Ya hal tersebut pertama saya atasi dengan menginstal ulang ACPInya, namun hal tersebut sama saja keluar. Ya akhirnya saya biarkan saja dan saya lupakan masalah tersebut. Namanya juga gak ada ACPI, ya kadang - kadang juga pas mau matiin, lama banget. Pernah kurang lebih 7 Menit belum mati mati pas lagi di Shut down. Masalah belum selesai, dua hari kemudian, terjadi deh blue screen yang bertuliskan error UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP alias error kerusakan hardware. Padahal sama sekali gak ada tuh kerusakannya, tapi menurut saya ya karena BIOS yang gak kompatibel jadi dianggap korup sama Windows nya. Dua hari kemudian lagi, terjadi hal seperti itu lagi. Namun kali ini terjadi error KERNEL_MODE_EXCEPTION_NOT_HANDLED alias masalah BIOS lagi. Ya akhirnya saya tidak terjadi lagi seperti itu, namun karena windows update, resolusi saya tidak bisa dinaikkan lagi untuk membuka aplikasi Metro. Ya terpaksa lah saya install ulang beberapa kali, karena beberapa kali pun blue screen. Bahkan sampai 7 kali !!! Cuma install aplikasi jadi blue screen. Errornya pun itu itu terus KERNEL_MODE_EXCEPTION_NOT_HANDLED, dan ujungnya pun file BCD saya hilang dan error bootnya. Sampai akhirnya saya go back ke windows 7 yang menurut saya "agak lumayan Bosan"



Nah, pada tanggal 29 Februari, Windows 8 Consumer Preview pun datang. saya pun ingin mengunduhnya dan langsung merasakannya. Nah sehari kemudian, saya langsung mengunduhnya lewat komp teman saya, kebetulan teman saya juga ingin merasakan windows ini. Ternyata mengunduhnya selesai sehari berikutnya. Sayapun langsung upgrade dan alhamdulillah lancar. Eh ternyata pesan ACPI pun masih ada juga. Namun alhamdulillah sampai saat ini saya belum mengalami Blue Screen, malah teman saya lebih dulu mengalami blue screen 3 kali. Kuncinya agar tidak cepat blue screen adalah asalkan jangan sampai RAMnya diatas 50% saat akan dimatikan (kalo RAMnya diatas 1 gb). Jika diatas, maka restartlah komputer jangan dimatikan agar isi ram menjadi kosong dan mengulang proses bootnya dan tidak super cepat lagi. Namun nanti akan super cepat lagi setelah kita matikan seperti biasa. Namanya juga gak ada ACPI, jadinya gak bisa masuk setting BIOS. Saya pencet f2 berkali kali, sama aja gak masuk. Jadi agak nanggung resiko juga. Namun masalah matiin yang lama itu ya kadang ada kadang gak ada. Pas dimatiin ya kata saya "paling lama juga semenit baru mati", ternyata pas ditinggal kerja kelompok kurang lebih 15 menit belum juga mati. Ya terpaksa saya matiin seperti komputer jadul yakni saya pencet tombol powernya.


Jadi bagi kalian yang mau mencicipi windows 8, sediakan dulu ya Driver ACPI nya biar gak terjadi hal diatas. Sekalian driver VGA dan resolusi minimal 1024 x 768 juga biar Aplikasi Metro Bisa dijalanin.Ya sekian. Wassalam !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar