We can do it !!

"Negara dan Bangsa menanti Darma Baktimu"
- Akademi Militer

Subscribe to My YouTube Channel : https://www.youtube.com/channel/UCCYP9RTSbdm0tkwMI4boJbg

Sabtu, 31 Maret 2012

Windows 8 : Start Button Hilang ???

Windows 8... sudah tahu kan. Merupakan generasi masa depan dari Microsoft. Sistem operasi ini telah banyak membuat berjuta bahkan bermilyaran perubahan pada dunia persistem operasian. Pasti bagi orang yang merasakannya akan merasa bahagia dan puas setelah memilikinya. Dan bla bla bla... (maaf, biar sesuai tema!!!)



Nah, saat kita kembali kepada desktop di Windows 8, ya terasa gak asing lagi dengan tampilannya. Cuma, pasti ada yang misterius "lho kok, mana start buttonnya ya???" itulah kata orang yang asing dengan sedikit perubahan pada Desktop Windows 8. Padahal kan seluruh aktivitas komputer kan berawal dari start button terlebih dahulu, lho kok sekarang malah dimalingin ??? Kalo ketemu malingnya akan saya beri pembelajaran di sekolah, eh diiii.... gak tau juga sih. hehehe



Ya memang, start button pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi pada tahun 95an yakni windows 95 alias sistem operasi kelas rumahan yang jadul itu lho... Start button sudah mencakupi seluruh kegiatan kita saat kita beraktivitas dengan komputer, mulai dari aplikasinya sampai power - power komputernya juga. Ini biasanya menjadi ciri khas sampai sekarang dari windows. Kalo ada start button, pasti itu windows. 

Namun, hal tersebut tidak berlaku di windows 8, alias sistem operasi masa depan. Start button telah dihilangkan. Jadi bagi pengguna windows 8 yang baru, kalian harus terbiasa ya tanpa start button ini ^_^.

Entah mengapa Microsoft menghilangkan start button. Mungkin karena microsoft sudah lebih fokus terhadap pengembangan aplikasi metro ui dibandingkan graphical ui yang ada pada desktop. Ya begitulah, makanya banyak aplikasi desktop yang tidak bisa mendukung dengan windows 8. Ya terpaksa lagi deh balik lagi ke Windows 7.



Namun hal tersebut jangan dijadikan hal yang harus disesali. Karena start button sudah dapat diganti dengan tampilan yang tile dan kepinggir sekaligus sebagai menu awal windows 8 yakni Start screen. Namun start screen hanya mencakup aplikasi metro ui saja dan tidak mencakup pengaturan sistem. Jadi Bagaimana dengan hal yang seperti di start button ? jangan perlu khawatir... Hal tersebut bisa diatasi. namanya juga ada fitur baru yang malah menurut saya lebih bagus dari start button. Coba aja dengan fitur search dari Windows 8. Tinggal pencet Win + C atau langsung aja ke pojok kanan atas/bawah terus pilih search. Atau daripada susah langsung aja pencet Win + Q. Nah tinggal langsung aja searching. Malah menurut saya, ini lebih mudah dibandingkan dengan start button yang lama. Ya kan lebih cepat kan hanya langsung cari aja. Bukan aplikasi aja, files pun bisa langsung disearch. Selain itu, aplikasi metro pun dapat terbantu dengan adanya search ini, dapat langsung mencari apa yang kita inginkan. Mau cari / browsing lewat internet explorer, langsung aja lewat search, cepat ! LEBIH CEPAT LEBIH BAIK!!! (Jusuf Kalla)


Atau ada sebagian orang yang gak mau pakai fitur ini, mending buat aja toolbar baru di new toolbar dan kita langsung tujukan ke start menu. Jadi nuansannya kurang lebih hampir sama lah kaya start button yang lama.

 Atau biar cepat sekaligus pinginnya ada logo start buttonnya alias start orbnya, ya tinggal download aja dari internet aplikasi freeware yang gratis dan kecil kok ukurannya. Cari aja, pasti banyak kok dari internet. Banyak kok dermawan.


Nah begitulah untuk kali ini, semoga info yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih, Wassalam !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar