We can do it !!

"Negara dan Bangsa menanti Darma Baktimu"
- Akademi Militer

Subscribe to My YouTube Channel : https://www.youtube.com/channel/UCCYP9RTSbdm0tkwMI4boJbg

Minggu, 28 April 2013

Menyimpan File atau Data dengan Benar


Punya komputer kan? Punya data penting kagak?? Nah ini nih yang suka dikeluhkan oleh banyak pengguna komputer. Cenderung para pengguna komputer tidak mementingkan akan keselamatan data datanya. Nah, kali ini mas Nanda akan sedikit saja sih memberi tips bagaimana cara menyimpan data sampai data tersebut tersimpan dengan baik dan aman.

Data harus disimpan dengan baik. Agar data tersebut tidak hilang, rusak, atau bahkan terlihat oleh orang lain. Jika virus menghampiri, pasti saja kita sudah kewalahan mengatasi virus itu. Atau data privasi kita mungkin dilihat orang lain, wah malu dehh adanya. Nah agar tidak terjadi hal itu, nih ikutin ya tips yang benar benar sederhana (semoga bermanfaat) :

1.       Pastikan tempat penyimpanan ditempatkan di tempat aman

Hal ini bertujuan agar data tersebut tidak mudah dijangkau oleh tangan jahil atau biar tetap bagus data tersebut. Kalo disimpan di tempat sembarang kaya contohnya langsung di drivenya pasti bisa aja dioprek. Dan data simpanlah di hard drive yang benar benar masih mulus kualitasnya, kalo disimpan di tempat yang udah rusak, bisa bisa data lenyap.

2.       Jangan disimpan di My Documents!! Simpan di drive selain C

Hal ini penting jika sewaktu waktu OS kita rusak, otomatis drive C harus diformat. Maka simpan di selain C agar saat OS rusak dan diinstal ulang, data itu tidak hilang.  Serta bertujuan untuk mencegah virus yang dibawa oleh data atau file kita tidak langsung menyebar ke file sistem windows kita. Jika tidak dan dirasa aman, cukup saja buat file cadangannya di media penyimpanan lain

3.       Sebaiknya file penting dan yang lain dipisah

Bertujuan untuk mengamankannya saja. karena data penting cenderung tidak akan dihapus. Jika sewaktu waktu data penting disimpan di folder yang banyak data yang akan dihapus, bisa saja data penting itu ikut pula terhapus

4.       Percuma menggunakan folder sistem Labirin

Mengapa percuma? Soalnya hal tersebut hanya memenuhi folder saja. cara mencari data itupun kalo di Labirin masih bisa dicari lho! Dengan klik kanan setiap foldernya, Properties, cari deh folder yang ada ukuran besarnya file.

5.       Jangan jadikan Wallpaper foto yang bersifat privasi milikmu!! (Windows Vista keatas)

Karena Windows akan otomatis mengkopi foto privasi kamu yang dijadikan wallpaper resolusi tinggi (HD) ke dalam folder bernama MicroImageDir di C:Users\(nama user)\App Data(bersifat hidden)\Local\Temp\MicroImageDir. Hal ini berlaku di sistem operasi Windows Vista keatas. Karena dengan hacker tingkat pemula pun atau bahkan sobat yang belum bisa pun dapat melihatnya di folder Temp, tepatnya di folder MicroImageDir.

6.       Jangan sering2 membuka foto atau file penting / privasimu

Biasanya jika kita membuka foto itu, maka foto itu akan disimpan berupa history dalam Internet Explorer windows vista keatas. Selain menyimpan website, ternyata juga menyimpan foto yang habis kita buka. Jika sudah buka, hapuslah atau atur history IE. Dan juga jangan sering membuka file penting nan rahasia. karena dapat memunculkan history pada suatu program pembuka file kita. Dalam history biasanya selalu diperjelas dengan alamat file tersebut. Maka setelah membukanya, sebaiknya hapus history tersebut

7.       Untuk data yang bersifat privasi, boleh untuk di Hidden

Hidden berguna untuk menyembunyikan data, apalagi data yang bersifat privasi. Supaya tidak bisa diincar oleh pengincar awam

8.       Boleh disimpan di Rar atau Zip berpassword

Cara ini memang aman. Anda boleh menggunakan cara ini untuk mengamankan data anda dengan cara yang simpel ini dengan menggunakan WinRar atau 7Zip.

9.       Lebih aman jika drive di kunci dengan Bitlocker

Bitlocker tersedia di OS Windows mulai dari Windows Vista. Karena katanya sampai saat ini, Bitlocker tak dapat ditembus oleh Hacker dengan cara apapun, kecuali jika dia tau password itu dari pembuat paswordnya, hehehe. Cara mengaktifkannya tinggal klik kanan pada drive yang akan dikunci lalu pilih Manage Bitlocker, ikuti deh langkah demi langkahnya (gampang kok!). Ini sangat direkomendasikan untuk menyimpan data privasi sobat agar tetap aman. Makanya simpan data privasi anda di drive lain, lalu drive itu kunci pakai Bitlocker. Kalo sobat masih pake Windows XP, bisa kok pake pengunci drive, download aja aplikasi pengunci drive di website yang tersedia.

10.   Password Windows anda!!

Ini bertujuan biar semua data gak bisa diakses, mau yang penting maupun yang tidak penting sekalipun. Serta program yang kamu punya gak bisa dimainin deh.

                Nah begitulah sedikit tips dari mas Nanda untuk mengamankan data anda. Semoga bermanfaat ya!!! (mohon maaf bila ada kesalahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar